Wednesday 5 October 2016

Isi Peran Ayah dengan Baik Yuk!

Posted by Windah Tsu on 07:22 with 1 comment

Dalam keluarga, ayah dan ibu merupakan sosok yang paling penting bagi anak. Keduanya adalah pondasi pendidikan dan karakter sang anak, maka dari itu, dalam tumbuh kembangnya, peran ibu adalah sejajar dengan peran ayah.

Apalagi, pada penelitiannya ternyata peran ayah dalam perkembangan fisik dan psikologis anak ini penting banget loh. Anak anak yang dekat dan mendapat pola asuh dari ayahnya memiliki kecerdasan emosional yang baik, motoriknya juga terasah karna pola asuh dalam bermain saat bersama ayah lebih menyenangkan dengan gaya pengasuhan bermain dan memberi tantangan fisik.


Kita sadar, dijaman saat ini mungkin ayah dan anak memiliki waktu yang relatif singkat sebab ayah adalah tulang punggung keluarga dimana setiap harinya mereka harus bekerja dengan waktu hampir seharian. Namun jangan sampai kedekatan dengan anaknya menjadi renggang sehingga mereka kehilangan panutan dan sosok dari pemimpin.

Psikolog Anak, Naomi Soetikno

Menurut psikolog anak Naomi Soetikno bahwa ada empat unsur peran yang dimiliki seorang ayah yakni,

Structure

Selain sebagai tulang punggung, ayah adalah nahkoda bagi bahtera rumah tangga. Pentingnya sikap tegas dari seorang ayah sehingga struktur rumah tangga tidak goyah.
Bentuk tegas adalah dalam hal peraturan dalam keluarga, biasanya dalam hal ini ayah menekankan soal apa saja yang harus dikerjakan serta apa pula yang tidak boleh dikerjakan untuk anaknya.

Warm


Meski tegas, ayah tidak dianjurkan bersikap keras. Anak anak terutamanya anak laki laki biasanya malu jika sharing masalahnya dengan ibu, takut bakal dicerewetin atau di goda, diposisi ini ayahlah tempatnya berkeluh kesah tentang masa kecilnya. Itu mengapa meski tegas, ayah tidak diperkenankan keras sehingga mereka tidak ketakutan saat sharing masalahnya dengan sang ayah.

Jika mereka takut pada ayah dan malu pada ibunya, kemana dia akan bercerita kemudian ? jangan sampai temannya lebih tau tentang masalah si anak yang kemudian menjadi masalah jika temannya ini membawa pengaruh negatif.

Accesbility

Sibuknya ayah terkadang terkendala bagi hubungan ayah dan anak, namun hal itu dapat teratasi jika mereka memiliki akses untuk berhubungan dengan ayahnya minimal bertukar pesan atau menelpon si ayah.
Playing
Dalam penelitiannya, bayi 0-2 tahun yang bermain bersama anaknya akan membantu sensor motoriknya, sedangkan pada balita 2-5 tahun akan membantu perkembangan logika mereka. Bermain bersama ibu akan membantu mereka menjadi orang yang hangat, sedangkan jika bermain bersama ayah mereka akan lebih mudah bersosialisasi dan logikanya lebih jalan.

Mengingat pentingnya interaksi antara ayah dan anak, Baby Happy terinspirasi mengajak para ayah senantiasa berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak baik secara verbal maupun non verbal salah satunya dengan menggantikan popok anak seperti yang di tuturkan Julie Widyawati, Marketing Manager Baby Happy di talkshow event  Baby Happy Aku dan Ayah Happy Day’s Out yang digelar 30-2 Oktober 16 di Fashion Atrium Kota Kasablanka.


Acara yang merupakan wadah bermain antara ayah dan anak ini menghadirkan ayah muda satu anak Dude Harlino yang merupakan Brand Ambassador dari Baby Happy.  Tidak hanya menyediakan tempat bermain seperti baby gym, dance with dad, lomba pakai popok, lomba bayi merangkak, tetapi disediakan juga area me time untuk para ibu hamil salah satunya pijat ibu hamil. Untuk anak anak ada juga face painting, nail art, dan photo booth.

Rangkaian acara ini tidak hanya diadakan di jakarta loh, tapi juga akan diadakan di total 5 kota besar diantaranya Medan, Bandung, Surabaya, dan Makassar.

Baby Happy sebagai disposable diapers produksi Wing Group sejak tahun 2004 ini sekaligus ingin memdekatkan Baby Happy Pants kepada masyarakat melalui acara ini. Sebab 85% bayi menggunakan popok celana sebagai pilihannya dibandingkan diapers berperekat.
Popok dari perusahaan dalam negri ini memiliki banyak keunggulan diantaranya
  • Super absorbent Polymer yang mampu menyerap 50% lebih banyak cairan sehingga aman dan tidak bocor walaupun dipakai selama berkatifitas.
  • Teknologi double pressure yang diaplikasikan pada baby happy membuat diapers ini tetap tipis meskipun memiliki kapas yang lebih banyak.
  • Menggunakan perekat ultra sonic pada karet pinggangnya yang tinggi dan fleksibel sehingga tidak mudah melorot namun juga tidak menekan kulit bayi sehingga tidak menimbulkan iritasi


Nha, dengan segala keunggulan ini Baby Happy layak mendapat tempat di hati para ibu dan ayah nih, apalagi harganya juga ekonomis, cocok deh sama kantong. Yuk datang ke acara dan langsung buktikan keunggulan dari Baby Happy ini.

1 comment:

  1. Acaranya seru banget ya, Win.
    Psikolognya detaol banget ngasih tip

    ReplyDelete