Friday 19 August 2016

Workshop Menjahit bagi Pemula Bersama Brother Indonesia, asik dan seru!

Posted by Windah Tsu on 19:27 with 1 comment

Menjadi wanita yang multitasking dan serba bisa untuk keluarga sangatlah keren buat saya, karena wanita jaman sekarang sungguh berbeda dengan jaman dulu. Jaman sekarang kita terlalu dimanja sama fasilitas yang mudah sehingga hanya segelintir wanita saja yang punya keahlian ini itu. Sisanya, mengandalkan teknologi dan orang lain, apalagi sudah menjamur fasilitas online maid dan yang semacamnya membuat kita tidak lagi mengasah kemampuan kita sebagai wanita.

Ada sebuah tempat yang mewadahi wanita berinovasi, membekali mereka dengan skill yang dibutuhkan dalam rumah dengan harapan keluarga mereka akan mendapat peningkatan kesejahteraan. Tempat ini bernama kartini bluebird, tidak asing kan dengan nama ini ? iya, kartini bluebird merupakan wadah bagi istri istri dari pengemudi bluebird berinteraksi dan membagi wawasan dalam berbagai kegiatan.

Baru baru ini mereka mengikuti workshop menjahit yang diadakan oleh Penerbit Puspa Swara bersama dengan Brother Indonesia. Selain para kartini yang lincah ini, hadir pula saya dan rekan sejawat untuk juga belajar menjahit bersama Ibu Tati Murtati SPd, MPd yang sudah khatam dalam hal jahit menjahit ini.
 
Mesin Jahit brother


Saya yang biasanya hanya pegang kain akhirnya dituntut untuk melipat, menusuk jarum, menggunting serta memegang mesin jahit untuk pertama kalinya. Rasanya excited dan keren bisa menghasilkan suatu karya yang selama ini tak terpikir untuk buat sendiri. Dan untungnya ada mesin jahit GS2700 dari Brother dimana kita dapat menjahit 27 jenis jahitan dengan mudah bahkan untuk pemula seperti saya sekalipun.

Serunya lagi, mesin jahit dari merk yang sudah berproduksi selama lebih dari 100 tahun ini mudah dalam pengaturan sekoci dilengkapi dengan tombol pengaturan panjang dan lebar jahitan sehingga nyaman digunakan bagi pemula. Selain seri ini, masih banyak lagi seri yang dimiliki brother tergantung dengan jenis mesin jahitnya. Diantaranya mesin jahit manual yang masih menggunakan pedal, mesin jahit otomatis dan mesin jahit computer. Diantara ketiganya yang paling mudah digunakan pasti yang otomatis dong ya, tapi buat kamu yang mau buka usaha bordir bisa menggunakan mesin jahit computer dimana mesin jahit ini sudah menggunakan sistem computer untuk membordirnya.

Ibu Astri dari Puspa Swara memberi Informasi soal baju yang akan dibuat


Workshop menjahit yang dilakukan di Gedung Utama Museum Textile ini mendapat sambutan baik dari Deputi Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Ibu Silviana, yang turut hadir dan memberi sambutannya. Mantan None Jakarta ini ternyata juga punya hobi prakarya dan sudah membuat buku juga, pesan beliau pada peserta yang hadir adalah untuk selalu memanfaatkan ilmu sebaik baiknya sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari dan memperingan ekonomi keluarga.

Oh iya, buat yang pengen belajar menjahit, bisa juga kok baca buku terbitan puspa Swara yang berjudul Mahir Menjahit Untu Pemula yang mana telah dicetak ulang sebanyak 5 kali. Buku ini menjadi primadonanya para pembaca yang ingin belajar menjahit.

Suasana Workshop Menjahit


Selama proses menjahit Ibu Hj. Tati tak lepas menuntun kami mempraktekkan teknik menjahit yang benar, pun beliau memberikan tips untuk menjahit serta memotong kain selama proses workshop berlangsung. Tips menjahit yang paling saya hapal adalah teknik menggunting kain, dimana ternyata kita tidak boleh menggunting kan dengan menarik kainnya, sebab dengan cara salah seperti itu serat kain akan ketarik dan menyebabkan kain kusut dan spiral. Teknik menggunting yang benar adalah kain diletakkan di meda datar kemudian gunting berjalan membelah.


Di akhir acara ternyata hasil jahitan kami boleh dibawa pulang, asik deh bisa pamer sama suami deh hasil jahitan saya. Semoga bisa ikut kegiatan semacam ini dilain kesempatan.


1 comment:

  1. Mesin jahit Brother memang cakep, sampai terbawa mimpi. Mudah-mudahan suatu saat bisa punya mesin jahit Brother.

    ReplyDelete