Saturday 6 August 2016

Stress Pada Janin ? Bahaya Loh!

Posted by Windah Tsu on 22:33 with No comments

“aku hamil!”


Satu kalimat yang mampu mengguncang dunia yang mendengar dan mengucapkannya. Buat yang terperangkap dalam situasi yang buruk sih pasti kalimat itu gak menyenangkan, tapi bagi yang menunggu nunggu pasti dunia mereka berbunga bunga.

Sembilan bulan yang menentukan, sembilan bulan yang penuh keajaiban, terlepas dari situasi yang terjadi saat itu, ibu hamil haruslah jadi wanita yang paling berbahagia dan dibahagiakan selama masa kehamilan tersebut. Kenapa ? tentu karena janin yang dikandung bisa lahir dengan sehat dan optimal tanpa mengalami stress dikandungan.

Emang janin bisa stress ?? tentu saja bisa lho moms. Suka merhatiin gak sih kalo waktu di USG 4D itu suka keliatan ekspresi bayinya, kadang senyum, kadang mengerutkan alis. Nah ternyata janin dalam kandungan juga akan bereaksi sama kondisi fisik maupun kejiwaan dari si ibu. Gak main main, stress yang dialami si ibu bisa menyebabkan gangguan pada janin bahkan keguguran.



Stress pada bayi seperti yang diucapkan oleh dokter DR.dr Taufik jamaan SpOG pada kesempatannya mengisi acara yang diadakan oleh Mother & Baby dan Sweety Gold, Minggu 31 Juli 2016 yang lalu, tidak hanya karena kejiwaan si ibu tetapi juga karna faktor fisik seperti demam, anemia, air ketuban kurang, proses persalinan yang lama, ibu sakit, oksigen yang kurang, kelelahan dan juga terlilit tali pusatnya.

Bentuk stress yang terjadi pada janin biasanya ditandai dengan pergerakan janin yang cepatnya melebihi normal sehingga dapat menimbulkan kontraksi dan berakibat persalinan kurang bulan atau juga keguguran. Tanda lainnya adalah detak jantung bayi yang lebih dari 150 kali permenit serta bayi mengalami fase tidur berlebihan yang mana dia ga bergerak gerak di kandungan.


Nah, buat ibu hamil yang sedang menderita stress, yuk ah bahagiain diri kita, apalagi yang hamilnya baru trimester pertama nih, jangan sampai stress ya. Karna kalo di trimester pertama ini ciri stress pada janin sulit sekali untuk diketahui. Beda dengan kehamilan d trimester 2 dan 3 dimana mudah dketahui melalui denyut nadi, pergerakan bayi, USG, CIG, dan juga kurva pertumbuhan janin.

Selain mengurangi stress, ibu juga diminta sering berinteraksi dengan bayi dalam kandungannya, pun ayah tak ketinggalan untuk ikut membantu ibu agar hormon prolaktin ( hormon bahagia ) dalam dirinya meningkat dan mampu menyelimuti janin sehingga stressnya dapat dikurangi. Selain itu, ibu dianjurkan untuk rutin check kehamilan pada SpOG agar perkembangan si kecil bisa terkontrol dengan baik.

Ibu hamil juga diminta untuk mengontrol berat badannya sehingga tekanan darahnya tidak meningkat secara drastis, selain peningkatkan berat badan ini dapat meningkatkan tingkat stress pada ibu juga dapat menyebabkan preeklamsia.
 
salah satu cara mengatasi stress dengan pijat


Hal yang lain yang dipikirkan untuk mengatasi stress pada bayi yaitu dengan mempersiapkan apapun secara maksimal, baik fisik untuk melahirkan maupun mental. Selalu lah bersyukur dan berpikiran positif ya moms.

Ngomong ngomong soal persiapan, jangan lupa untuk mulai hunting segala persiapan bayi di kehamilan trimester kedua. Carilah pakaian dan perlengkapan bayi yang membuat hati kita senang, dan jangan lupa persiapkan popok yang banyak. Moms bisa memilih popok kain serta popok siap pakai agar setelah melahirkan nanti tidak juga terjadi stress pada ibu atau yang sering disebut post partum depressed. Untuk popok siap pakai, saya amat menyarankan penggunaan sweety gold nih moms, kenapa ?



Belum banyak masyarakat tahu bahwa sweety ini merupakan popok buatan anak bangsa, mungkin ada yang salah ngira ya karna gambar yang diusing adalah hellokitty dan pasangannya jadi mikirnya sweety ini punya negara tetangga. Hihihi. Ternyata sweety gold memang sengaja mendapuk hellokitty dengan tema kerajaan didunia agar anak anak suka menggunakannya. Tapi bukan berarti produk ini hanya untuk anak perempuan, tetapi juga untuk anak laki laki karna hellokitty gak sendirian, ada pasangannya.

Trus keunggulan Swetty Gold apa sih ?


Sweety gold ini bahannya cotton lembut yang diproses dan mendapat sertifikat lisensi dari australia loh, desain permukaannya berbentuk diamond membuat bokong anak kita terhindar dari paparan air seninya. Selain itu permukaan ini juga membuat air seni mengalir dan meresap dengan cepat dan tidak meningalkan bekas basah atau lembab.

Area lipatan paha pada bayi tidak langsung bersentuhan dengan plastik yang mengunci basahan, melainkan dilapisi lagi dengan cotton sehingga kulit bayi pada bagian ini tidak bersentuhan langsung dengan plastik yang bisa menyebabkan kulit bayi tergores dan menimbulkan ruam kemerahan layaknya pakai diapers merek lain. Bagian pinggangnya juga dilengkapi karet yang lentur sehingga mampu diregang dengan baik dan tidak menjiplak dikulit bayi.



Diera internet saat ini, orang tua sangat butuh media untuk sharing pengalaman dan berbagi perasaan untuk mengatasi perasaannya sebagai orang tua baru, melihat kebutuhan itu maka Sweety Gold membuat suatu forum bernama PARENTS ACADEMY forum diskusi ini mengajak seluruh parents dan calon parent untuk sharing tips, curhat, dan banyak lagi hal lainnya. Tidak hanya bisa mendapat manfaat tetapi ada juga kejutan yang disediakan yakni jalan jalan keluar negeri untuk beberapa parents yang aktif berbagi dalam forum ini.






Categories:

0 comments:

Post a Comment