Thursday 30 June 2016

Allah Menegurku Melalui Kematian

Posted by Windah Tsu on 06:51 with 1 comment

Saya besar dari keluarga sederhana yang bisa dibilang gak terlalu taat pada agama. Ibu saya seorang muslim sementara bapak saya mualaf, sejak kecil saya hidup bersama keluarga besar bapak yang mayoritas katolik. Saat kelas 1 SD saya tinggal dengan eyang dan disana minim sekali diajarkan mengenai agama, bahkan saya belajar agama Islam dibangku sekolah saja.

Di bangku SMP saya pernah berniat pindah agama  karna kedua orang tua saya tidak pernah menunjukkan betapa luhurnya agama Islam itu, yang ada malah tante saya yang beragama lain itu yang santun serta membimbing saya tentang Tuhan. Tentu saja keinginan itu ditentang oleh kedua orang tua saya, meskipun alasannya tidak dapat memuaskan pengetahuan saya tentang agama Islam itu sendiri. Tapi lama kelamaan keinginan itu terlupakan begitu saja.

Mungkin hanya saya yang mengalami perasaan seperti itu, bertahun tahun beragama Islam saya ga punya rasa takut sama Tuhan. Saya sudah mencicipi semua yang namanya kenakalan remaja seperti mencuri uang SPP, bolos, bahkan kabur dari rumah. Hingga di kelas dua SMA saya mendapatkan sebuah teguran dari Tuhan melalui teman dekat saya.



Seperti remaja kebanyakan, saya juga memiliki seorang pacar, meski pacaran yang saya lakukan dengan sembunyi sembunyi dari bapak saya, habisnya kalo ketahuan saya bisa digorok sama bapak. Hehehe. 2 tahun saya pacaran dan saya gak tau ternyata dia seorang pecandu, ditahun kedua pacaran dia menitipkan satu kenangan pahit yang tak bisa dilupakan yaitu kematian. Beberapa hari sebelum kematiannya dia meminta saya mengaji untuknya sambil menitipkan buku tuntunan shalat. Dia selalu menjadi tempat saya untuk bercerita sehingga saya merasa dia ingin saya belajar lebih banyak soal agama Islam ini, tidak ada pikiran sedikitpun tentangnya yang akan menghadap sang Khalik diusianya yang belum genap 17 tahun.

Hingga suatu siang saya mendapat kabar tentang dia yang ditemukan tak bernyawa dikamar kosnya dan dinyatakan over dosis akibat pil setan yang di tenggaknya. Sedih ? jangan ditanya, saya satu satunya yang paling shock saat mendengar kabar itu. Tapi ternyata disitu saya menemukan Tuhan, disaat seperti itu saya takut, takut besok mati, takut Tuhan mencabut nyawa saya.

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha PenyayangQS. al-Ahzab ayat: 59

Beberapa minggu setelah kejadian itu saya memutuskan untuk berhijab. Ah, setiap saya melangkah di sekolah saya melihat setiap mata yang bingung dengan penampilan saya, sekali dua kali mencandai dengan kata kata “abis mimpi apaan kok tiba tiba kerudungan ?” hah! Saya juga bingung kok nekat kerudungan padahal agama saya masih cetek, tapi sebuah ayat yang saya baca dari Al Qur’an yang mengajari saya untuk menutup aurat.

Berdasarkan pengalaman saya tersebut, kini saya yang sudah memiliki anak tidak mau anak saya menganggap agamanya hanya ‘bawaan lahir’ sehingga ia tidak takut terhadap sang Ilahi. Saya juga tidak mau ia mengikuti jejak saya yang sempat bingung karna kedua orang tuanya tidak bisa mencontohkan apa yang haruis dilakukan sebagai umat muslim.

Saya percaya bahwa anak meniru apa yang kita contohkan, maka sebisa mungkin saya berusaha memberi contoh seperti shalat, berpuasa dan lainnya sehingga Abhi bisa mempelajari serta meniru apa yang saya lakukan tersebut. Selain itu saya juga membeli beberapa alat peraga untuk mendukung pengenalan agama pada Abhirama salah satunya yakni buku. Karena abhirama masih berusai 2,7 tahun, saya gak bisa memberi buku yang berat sehingga agak sulit menemukan buku agama yang disukai oleh anak anak.



Salah satu buku yang menurut saya sangat bagus adalah buku KISAH HEBAT NABI MUHAMMAD SAW DAN KISAH AJAIB LAINNYA. Buku ini berisi 87 kisah yang inspiratif tentang kebaikan nabi Muhammad serta para sahabatnya yang di rangkum dalam sebuah cerita yang ringkas dan penuh manfaat. Yang paling saya sukai dari buku ini adalah isinya yang gak melulu tulisan tetapi juga dilengkapi dengan gambar sehingga memudahkan saya untuk menjelaskan isi tulisan tersebut pada Abhirama.


Saya termasuk orang yang malas membaca, tetapi saat membuka buku ini, saya tidak bisa berenti barang sejenak karen buku  yang dtulis oleh ASTRI DAMAYANTI ini memiliki alur cerita yang enak dibaca tidak hanya oleh anak anak maupun orang dewasa. Meski banyak pesan moral yang terkandung didalamnya, sehingga kita tahu betapa Maha Segalanya Allah SWT terhadap umatnya. Buku ini juga memiliki font yang berukuran cukup besar, jadi saya bisa sambil mengajarkan abhirama untuk membaca sendiri.

Buku terbitan penerbit QIBLA ini bisa didapatkan di toko buku gramedia dan toko buku lainnya yang ada di indonesia. Oh iya, buku Kisah Hebat Nabi Muhammad bisa dibeli di Mataharimall.com


Categories:

1 comment:

  1. Salam kenal windah,saya pilih tulisan ini sbg medianya

    ReplyDelete